Bersiap untuk Kondisi Darurat, Ini Isi Kotak P3K yang Perlu Kamu Lengkapi

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak terlepas dari ancaman bahaya seperti jatuh dari ketinggian, terbakar, terkilir, tergelincir, dan sebagainya. Untuk meringankan kondisi atau mencegah keparahan lebih lanjut hingga mengancam nyawa korban, maka perlu dilakukan pertolongan pertama.Pertolongan pertama adalah prosedur umum yang harus dipahami setiap orang sebagai langkah awal sebelum mendapat perawatan lebih lanjut.

Dalam melakukan pertolongan pertama perlu adanya kotak P3K sebagai tempat menyimpan berbagai alat, bahan, dan obat-obatan yang diperlukan. Kotak P3K adalah salah satu peralatan wajib di setiap rumah, kantor, ataupun tempat-tempat publik lainnya sebagai langkah antisipasi terhadap cedera dan kondisi gawat darurat.

Kotak P3K juga wajib dibawa saat bepergian keluar rumah. Kotak P3K yang baik harus kuat dan mudah dipindahkan. Biasanya kotak ini terbuat dari bahan kayu atau logam dan diberi lambang palang merah serta tulisan “P3K”. Akan tetapi, sebagian besar masyarakat belum mengetahui apa saja alat, bahan ataupun obat-obatan yang harus ada dalam kotak P3K.

Oleh karena itu, Tim KKN-PPM UGM Karangtengah 2021 berinisiatif untuk membagikan informasi mengenai apa itu kotak P3K, hal yang harus diperhatikan dalam meletakkan kotak P3K, serta barang-barang yang wajib ada dalam kotak P3K.

Poster penghuni lengkap kotak P3K

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan