Kesehatan Gigi dan Mulut pada Ibu Hamil dan Anak-anak

Kehamilan dapat menyebabkan perubahan kondisi pada rongga mulut. Meski terkesan sepele, kesehatan gigi dan mulut ibu hamil dapat memengaruhi kesehatan janin yang dikandungnya. Berbagai penelitian menunjukkan adanya dampak negatif dari kondisi rongga mulut yang buruk pada ibu hamil. Contohnya, bayi lahir prematur dan berat bayi lahir rendah (BBLR) pada ibu hamil dengan periodontitis.

Selain kondisi rongga mulut ibu pada masa kehamilan, hal yang juga sering luput dari perhatian adalah kondisi rongga mulut pada anak-anak. Kerusakan gigi sulung kerap dianggap wajar dan bukan masalah besar lantaran gigi tersebut akan digantikan oleh gigi permanen. Padahal, gigi sulung memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang anak.

Berangkat dari hal tersebut, Tim KKN-PPM UGM berupaya memberikan sumbangsihnya dengan memberikan edukasi kepada para ibu di Desa Rejosari melalui pelaksanaan kuliah whatsApp dan konsultasi daring serta pembuatan booklet mengenai kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil dan anak-anak. Harapannya, program tersebut dapat meningkatkan kepedulian para ibu terhadap isu yang diangkat serta mendorong penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga dampak negatif yang mungkin terjadi akibat kelalaian dapat dicegah.

Simak pembahasan lengkapnya dalam booklet berikut.

Booklet Kesehatan Gigi dan Mulut pada Ibu Hamil dan Anak-anak

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan